Jenis Kabel CCTV


( sumber gambar google )


Berikut akan kita bahas Jenis Kabel untuk CCTV. Beberapa komponen pada kamera CCTV memiliki peran penting yang tidak dapat digantikan satu sama lain. Salah satu komponen vitalnya adalah kabel. Secara umum kabel CCTV dapat dibagi menjadi 3 jenis. Dan tentu masing-masing kabel memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Nah untuk memilih kabel CCTV anda harus memilih dengan benar karena pemilihan kabel akan berdampak pada kualitas audio dan video yang anda dapat.


Dan berikut kami akan membagikan ulasan tentang jenis-jenis kabel untuk CCTV yang perlu anda tahu, agar anda tidak salah dalam menentukan pilihan 

Kabel CCTV Standar 3 kabel


( sumber gambar google )

Kabel yang satu ini sesuai dengan namanya yaitu kabel yang memiliki   3 jalur yaitu jalur video, audio dan adaptor atau power. Kabel 3 jalur ini biasanya sudah terpasang langsung beserta konektornya. Kabel CCTV 3 jalur ini biasanya juga berukuran lebih kecil dibandingkan dengan kabel coaxial. Hal ini dikarenakan kabelnya sudah terpasang langsung dengan konektornya sehingga dijual dalam bentuk meteran. Ukuran yang biasa dijual adalah 10m, 15m, 20m dan 30m. untuk kebutuhan kabel lebih dari 30 meter lebih baik anda tidak menggunakan kabel 3 jalur ini karena ukuran kabel yang kecil sehingga dapat mengurangi kualitas audio dan video. Kabel ini juga tergolong lebih terjangkau dibandingkan dengan kabel lain.


Kabel Coaxial


( sumber gambar google )

Kabel ini juga biasa disebut kabel coaxial single line atau satu jalur video. Kabel jenis ini cocok dan baik digunakan untuk jarak jauh, karena kabel ini hanya untuk video sehingga untuk kabel powernya anda dapat menambah sendiri.untuk kabel powernya anda dapat menggunakan stop kontak atau menarik kabel sendiri dari pusat listrik. Untuk kabel ini biasanya dijual per roll (300m). untuk CCTV khususnya biasanya menggunakan kabel coaxial bertipe RG59 dan RG6. Bahan, kelenturan dan kualitas kabel coaxial ini berbeda untuk masing-masing merek.


Kabel Coaxial + Power


( sumber gambar google )

Secara fisik kabel coaxial+power ini sama dengan kabel coaxial biasa hanya perbedaannya terletak pada gandengan kabel jalur 2 atau pada bagian power adaptronya. Penggunaan kabel jenis ini lebih mudah dalam pemasangan CCTV karena anda cukup menarik satu kabel untuk 1 kamera CCTV. Untuk tipe kabelnya sama dengan kabel coaxial biasa, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Nah setelah tahu klasifikasi untuk kabel CCTV maka kini anda dapat dengan mudah memilih kabel mana yang cocok dengan kebutuhan anda. Trimakasih telah berkunjug.

No comments:

Post a Comment