SERVICE TERBAKARNYA GULUNGAN REGULATOR STABILIZER SVC-3-30kVA POWELL

Stabilizer atau AVR (AUTOMATIC VOLT REGULATOR), berfungsi menStabilkan tegangan kerja, contoh dari tegangan kecil yaitu 160volt ke Tegangan kerja 220volt (standar tegangan di Indonesia), atau tegangan yang lebih tinggi yaitu sekitar 250vol ke Tegangan kerja 220volt.

Stabilizer SVC-3-30kVA produksi dari POWELL ini mempunyai daya 30.000VA ini lumayan bagus, tapi berbermasalah dengan exhousefan nya yang kurang mumpuni atau kurang bagus, karna apabila daya yang dipakai hampir maksimal panas yang di hasilkan dari stabilizer kurang begitu di perhitungkan dari desain nya sendiri, karna kipas pembuangan panas berada di dalam tidak dipasang diluar atau udara panas tidak dibuang keluar dan hanya berputar-putar didalam box panel ini.

Untuk harga cukup terjangkau dengan merk lokal ini, sekitar Rp 16.jutaan (tahun 2016) dibandingkan dengan merk-merk lain.



(Gbr. Stabilizer SVC-3-30kVA)


Stabilizer ini cocok untuk perkantoran atau rumahan dengan penggunaan tegangan 3 phase, untuk pemasangan hindari dari benda-benda yang mudah terbakar, karna komponen dan istalasi stabilizer ini kurang mumpuni atau dibawah standar PUIL. Sanggat riskan apabila diletakan berdekatan dengan benda yang mudah terbakar.





(Gbr. Komponen Stabilizer merk POWELL)

Komponen pada stabilizer ini tidak dilindungi dengan selongsong anti bakar atau anti panas, mangkanya sangat riskan apabila anda hendak membeli stabilizer jenis ini tanya dulu garansi yang ada karna untuk pemakaian kurang lebih 3 tahun stabilizer ini sudah ada masalah.





(Gbr. Stabilizer Terbakar pada gulungan REGULATOR)



Untuk service atau perbaikan sendiripun ini saya rasa sangat sulit karna gulungan regulator ini tidak ada jualannya. Dan setelah di perbaiki pada tukang service pun biaya sangat mahal, hampir Rp.5 jutaan. Akhirnya Stabilizer ini dimusiumkan untuk sementara waktu, setelah ada dana untuk biaya perbaikan mungkin akan diperbaiki sendiri.

No comments:

Post a Comment