Alat Kerja Teknisi Listrik

Alat kerja untuk teknisi adalah alat dengan kualitas bagus dan ekonomis tentu menjadi sebuah hal yang penting bagi seorang teknisi, karena hal tersebut akan berpengaruh pada produktivitas kerja. Terlebih untuk para teknisi listrik (electrician). Dalam pekerjaannya, mereka harus selalu siap sedia dengan peralatan yang digunakan untuk melakukan berbagai perbaikan, pemasangan instalasi listrik, atau saat sekadar untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan berbagai peralatan dan perlengkapan instalasi listrik.

Berikut adalah daftar peralatan yang dibutuhkan dan tentu wajib dibawa oleh electrician, untuk menangani sebagian besar pekerjaan listrik serta menyelesaikan pekerjaannya menjadi lebih mudah :

Tespen





Alat yang wajib dibawa untuk mengecek atau mendeteksi apakah peralatan listrik tersebut memiliki tegangan atau tidak. Jika terdapat listrik di Stop Kontak atau Kabel listrik, maka lampu Indikator akan menyala, jika tidak ada aliran listrik maka lampu Indikator tidak akan menyala. Fungsi lainnya yaitu untuk membuka skrub dari komponen alat listrik.


Multi Tester




Digunakan untuk memeriksa voltage dan memastikan sirkuit tersebut menyala. Pada alat ukur voltmeter ini biasanya ditemukan tulisan voltmeter (V), milivoltmeter (mV), mikrovoltmeter, dan kilovolt (kV). Voltmeter memiliki batas ukur tertentu, yakni nilai tegangan maksimum yang dapat diukur oleh voltmeter tersebut. Jika tegangan yang diukur oleh voltmeter melebihi batas ukurnya, voltmeter akan rusak.

Obeng



Biasa disebut obeng minus. Digunakan untuk membuka, memasang, mengendurkan, mengencangkan baut atau sekrup yang memiliki bagian atas (kepala) berbentuk pipih (minus). Disebut obeng kembang atau obeng plus. Digunakan untuk membuka, memasang, mengencangkan, mengendurkan baut atau sekrup yang memiliki bagian atas atau kepala yang berbentuk silang (plus).

Solder Listrik





Pada pekerjaan instalasi, solder listrik digunakan untuk menyolder sambungan kawat dan mata itik,agar sambungannya sempurna.

Bor Tangan



Bor digunakan untuk melubangi benda kerja. Pada pekerjaan instalasi bor digunakan untuk membuat lubang bantu guna memasang paku sekrup pada kayu atau tembok.

Pengupas Kabel



Pekerjaan mengupas isolasi ujung kabel dapat dilakukan menggunakan tang pengupas kabel atau pisau. 

Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment